Rabu, 08 Desember 2010

Senapan Serbu HK 416

    Senapan Serbu adalah senjata api otomatis yang merupakan senapan laras panjang atau carabine, yang memiliki pilihan tembakan (selective fire) dan menggunakan amunisi kaliber menengah. Senapan serbu masuk dalam kategori diantara senapan mesin ringan yang berfungsi untuk menembak secara full otomatis sebagai senjata pendukung dan submachine gun yaitu senjata otomatis yang menggunakan peluru ukuran peluru pistol sebagai senjata api jarak dekat. Senapan serbu sudah menjadi persenjataan standar untuk tentara modern menggantikan senapan laras panjang era perang dunia II, seperti M1 Garand dan SKS.
    Contoh senapan serbu adalah M16, variasi AK-47, dan FAMAS yang menggunakan desain bullpup. Contoh lain yang lebih unik adalah LR 300 dan HK 416 serta HK G36, keduanya menggunakan teknologi polimer modern dan desain komputer.
Heckler & Koch model 416 (HK 416) merupakan senjata carabine yang diciptakan oleh Heckler & Koch yang menurut kepada asas sistem senjata M16 atau yang lebih tepat lagi kepada senjata carabine M4 yang merupakan sistem senjata utama bagi pasukan infanteri Amerika Serikat saat ini. Senjata ii pada mulanya disebut HKM4, tetapi hal ini berubah menjadi HK 416. Bahwa disebut "416" adalah suati referensi kepada senjata M4 dan M16 dimana senjata ini telah diakui kebolehannya oleh pasukan elite Delta Force Amerika Serikat yang menggunakannya pada masa perang Iraq dan Afganistan.
Sejarah diciptakannya HK 416 ini bermula setelah HK diberi tugas oleh pihak Amerika untuk meningkatkan sistem senjata utama mereka, khususnya M4 dan M16. HK melakukan uji coba dan uji nilai beberapa kali untuk mengumpulkan beberapa data tentang kekurangan dan kelebihan yang ada pada senjata M4 dan M16. Setelah mendapatkan data kekurangan dan kelebihan dua senjata tersebut pihak HK menciptakan suatu sistem untuk mengatasi masalah pada sistem alat kerja M4 yang mempunyai kaitan dengan tekanan gas yang tidak efektif. Dengan pengenalan sistem DIGS atau Direct Impulse Gas System, maka masalah gangguan yang ada pada M4 tidak berlaku lagi. Selain sistem DIGS, sistem piston serta roda dan spring telah menggantikan tutup aluminium yang tersedia pada senjata versi M4 atau M16. Bagian depan saluran gas mempunyai satu lubang kecil untuk melepaskan tekanan berlebihan ke udara. Berbanding pada M4 yang menggunakan gas yang di sembur ke belakang ke bagian bolt, tekanan gas pada model 416 hanya menolak kepala bolt ke belakang yang kemudian menolak roda panjang. Roda ini kemudian akan menolak bagian bolt ke belakang. Hal positif berkenaan sistem DIGS ini ialah semburan karbon maupun debu tidak sampai ke bagian alat kerja senjata. Tekanan, debu dan karbon hanya akan diindahlan pada kepala bolt manakala kekuatan menolak berpindah pada roda dan kamar senjata. Ini menjadikan karbon tidak akan mengotori sistem mekanik pada badan senjata dan secara langsung akan mengurangi masalah pembersihan senjata bagi prajurit yang berada dimedan operasi. Satu lagi kelebihan sistem ini adalah senjata dapat langsung ditembakkan meskipun senjata baru keluar dari keadaan air. Selain itu HK juga ikut serta dalam meningkatkan sistem yang lain seperti merubah bentuk semula bagian penyeimbang hentakan ke belakang atau buffer dan spring dengan hentakan balasannya pula, penambahan komponen spring penolak pada bolt dan merubah bentuk asal bagian blok saluran pembuangan gas dari laras. Bagian pegangan tangan model 416 diubah disesuaikan atau digantikan dengan sistem pegangan tangan yang mempunyai landasan Picatinilernya pada keempat sudut. Pegangan ini dapat dikeluarkan dari posisinya dengan membuka kunci khusus pada bagian bawah tepi dan pada bagian yang sama dengan menggunakan kunci khusus yang ada pada tali sling atau kepala bolt. Tangkai pemegang depan turut dibekalkan oleh HK sebagai aksesoris yang bisa dipasangkan pada landasan Picatinelirnya dibagian bawah laras. 
Bagian pejera depan dan belakang juga ditukar dari versi asal M4. Pejera belakang ditukar sistem pejara dram seperti yang terdapat pada senjata pada umumnya dan senjata sub machine gun (SMG) seperti MP5 dan HK 33. Pejera depan juga dibuat dalam bentuk tiang yang dapat dilipat ke atas untuk digunakan atau ke bawah jika hendak menggunakan sistem pejera optik.

MODEL & KARAKTERISTIK

    Selain versi senjata tempur, model 416 turut diciptakan dengan beberapa versi yang lain misalnya ke versi carabine yang mengikuti/ keinginan atau citarasa dari para pengguna.
Adapun varian atau model dari HK 416 adalah :

1. HK 416 model D10RS (laras 10", versi komando)

2. HK 416 model D145RS (laras 14,5", versi carabine)
3. HK 416 model D165RS (laras 16,5", versi senjata tempur)
4. HK 416 model D20RS (laras 20", versi LMG atau sniper)


KEUNGGULAN HK 416

   Beberapa keungulan dari HK 416 adalah :

1.   HK 416 memiliki Free Floating Handguard System (360°). Free Floating Handguard System adalah suatu handguard unik yang memungkinkan pemakai untuk memasang aksesoris ditempat mana yang diperlukan. Fitur khusus ini meliputi : pemasangan peralatan optik di atas rel dengan tetap mempertahankan titik nol. Dan secara praktis cukup menggunakan kunci handguard atau skrup yang terpasang pada tali sandang.

2.   Memiliki Buttstock yang cukup fleksibel.    Buttstock ini dapat diperpanjang sedemikian rupa yang menjadi pengunci didalam berbagai posisi menembak, dengan membiarkan penyesuaian kepada pengguna yang menggunakan dilapangan. Panjang dan pendeknya dapat disesuaiakan dengan pandangan mata. Didalam Buttstock juga terdapat kompartemen untuk tempat penyimpanan baterai cadangan dan perangkat toolkit senjata.

3.  Terdapat Multifunction Gas Blok.   Blok gas secara simultan bersatu kedalam berbagai fungsi sebagai tempat pemasangan aksesoris, kaitan tali sandang, tempat pemasangan sangkur dan pemasangan GLM.

4.   Memiliki kombinasi pengatur tembakan.   Standar HK 416 memungkinkan secara operasional digunakan oleh semua penggunaka baik yang biasa menggunakan tangan kanan maupun kidal sekalipun tidak akan mengalami hambatan dalam menembak. Hal ini dikarenakan HK 416 menaarkan kombinasi operasional yang cukup ideal untuk setiap pemakainya.

5.    Memiliki kemampuan dan ketahanan operasional di air.   Senjata HK 416 dirancang sedemikian rupa sehingga mampu dan siap untuk menembak dengan segera setelah menyelam atau terendam didalam air. Didalam situasi ekstrim apapun dapat menembak dari dalam air tanpa membahayakan si pengguna itu sendiri. Hal ini sangat menguntungkan dan dibutuhkan untuk pelaksanaan operasi pertempuran di sepanjang garis pantai, danau dan sungai.

6.   Memiliki kemampuan  dan ketahanan di medan berpasir dan berlumpur.   Senjata HK 416 juga dirancang dan dibagun sedemikian rupa sehingga senjata ini tidak akan mal-fungsi ketika harus dihadapkan pada medan yang berpasir maupun berlumpur. Didalam sistem gasnya, piston dan rangkaian bergeraknya terdapat ruangan kosong yang memungkinkan partikel kotoran dan gas tidak lagi dibuang ke bagian atas sehingga dengan begitu mencegah terjadinya mal-fungsi.

7.   Dapat dikombinasikan dengan GLM.  GLM (Granat Launcher Module) digunakan untuk mendapatkan suatu kemampuan yang cukup luar biasa dalam daya tembaknya. GLM dirancang untuk suatu cakupan yang cukup luas yang berbeda dari perlengkapan senjata lainnya. Hal ini dimungkinkan karena hasil dari tembakannya cukup mematikan.

6 komentar:

  1. HK 416 model D165RS boleh pinjem ga' ndan... ntar tahanan teroris mo ane kumpulin trus iket di pager monas trus di dedededededdddd.... keikhg... pke itu, tp bulu ketek tu teroris2 dicukur dlu ntar ga' mempan ditembak lg...
    ia ngga'

    BalasHapus
  2. wkwkwkwk ... erplikanya saja ya???

    BalasHapus
  3. mas setahu saya sks ga ikut palagan pd2..lahirnya pada perang dingin
    rata rata infantri tentara merah makek mosin nagan,ppd,ppsh

    BalasHapus
  4. betul mas SKS memang tidak ikut dlm pelagan PD2 ...

    BalasHapus
  5. Tau gak dimana toko penjualan senjata yang gak ilegal di Indonesia?

    BalasHapus
  6. Maksudnya yang legal gitu pak??
    kalo untuk jenis laras pendek/ pistol banyak pak ... namun ijinnya yang susah
    Kalo untuk jenis laras panjang juga banyak tp biasanya harus ikut club baru bisa beli + dapat surat ijinnya, dg cacatan laras panjang pun bukan standart militer

    BalasHapus